logo
TEMPAT WISATA
VIDEO

Visitor Counter

BIRO PERLENGKAPAN PEMPROV.BANTEN DI DUGA SELEWENGKAN ANGGARAN KEGIATAN BELANJA PENGADAAN

image

Banten Media Kriminalitas-Di jaman yang sudah serba keterbukaan seperti sekarang ini ,Seharusnya pemerintah dapat berperan aktif dalam memberikan informasi secara terbuka dan jelas tentang penggunaan anggaran yang dikelola,”Bukanya malah menutupi,Karena semua itu sebagai bentuk transparansi guna menghindari terjadinya segala bentuk dugaan penyelewengan yang dilakukan oleh oknum pejabat tertentu.

“Seharusnya Biro Perlengkapan Pemrov Banten sadar akan  adanya reformasi yang ditandai dengan tuntutan tata kelola kepemerintahan yang baik (Good Governance) yang merupakan salah satu wujud keterbukaan informasi public Dalam mensyaratkan adanya akuntabilitas, transparasi dan  partisipasi masyarakat dalam setiap proses terjadinya kebijakan publik.

Ditambah lagi dengan jaman modernisasi teknologi informasi dan komunikasi untuk dapat memberikan keleluasaan bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi yang mereka inginkan dengan mudah dan cepat. Dengan keadaan tersebut, atau dengan kata lain pemerintah dituntut dapat membuka diri kepada masyarakat untuk memberikan infomasi dan kebijakan yang sangat diperlukan serta mudah diakses dari mana saja.”Terlebih dengan adanya UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP),Maka sudah seharusnya pemerintah diamanatkan untuk dapat membuka informasi terkait penyelenggaraan anggaran pemerintahan kepada masyarakat.

Namun sangat di sayangkan saat Perkumpulan Gerakan Moral Anti Kriminalitas (GMAKS) selaku kontrol social, Melayangkan surat konfirmasi tertulis,Guna mempertanyakan terkait Pelaksanaan Kegiatan Tahun 2016 di Biro Perlengkapan Provinsi Banten, pada 6 Febuari 2017 bulan lalu.Akan tetapi surat yang telah dilayangkan tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan,bahkan terkesan menutupi tentang penggunaan anggaran yang dikelolanya,Sehingga timbul adanya dugaan bahwa anggaran Kegiatan Tahun 2016 di Biro Perlengkapan Provinsi Banten diselewengkan.
Sementara itu Koordinator GMAKS Saeful Bahri mengatakan, Bahwa tujuan konfirmasi itu untuk mendapatkan informasi yang benar dan jelas terkait perencanaan, pelaksanaan, dan manfaat bagi masyarakat dalam pengelolaan keuangan di Biro Perelengkapan Pemprov. Banten. Sedangkan Informasi tersebut guna dilakukan analisa, kajian dan sosial kontrol di tiap tahapannya.

Karena menurut Bahri dalam pelaksanaannya harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang sudah ditetapkan agar ada pertangungjawaban dan kejelasan secara hukum/aturan sehingga masyarakat dapat mengetahui pelaksanaan dan aturan-aturan tersebut dalam tiap tahapan hingga selesai,” jelasnya.

Perlu diketahui bahwa Dalam surat tersebut pihaknya menuliskan rincian berdasarkan RUP Biro Perlengkapan TA. 2016 diantaranya yaitu, A. belanja suku cadang Rp. 3.284.505.152, B. Belanja jasa service Rp. 985.620.000, C. Belanja pelumas Rp. 934.000.000, D. Belanja pemeliharaan komputer Rp. 550.720.000, E. Belanja pemeliharaan dan perbaikan pintu otomatis Rp. 540.000.000.

Akan tetapi pihak SKPD hanya menjawab surat secara global saja,tanpa  menyebutkan nama perusahaan yang melaksanakan kegiatan tersebut, “Itu sudah salah satu bukti bahwa SKPD di Biro Perlengkapan Provinsi Banten menutupi,dan yang menjadi pertanyaan? Pihak SKPD tidak menjelaskan item belanja suku cadang apa saja yang dilakukan, bahkan diduga ada suku cadang bekas yang dipakai untuk sebagai bukti dari kegiatan tersebut. didalam surat jawaban, A. Belanja suku cadang Rp. 1.898.330.152 realisasi penyerapan Rp. 1.898.215.214, B. Belanja biaya service Rp. 612.720.000 realisasi penyerapan Rp. 612.623.586, C. Belanja pelumas Rp. 583.200.000 realisasi penyerapan Rp. 582.935.305, D. Belanja perawatan komputer Rp. 473.619.200, E. Belanja pemeliharahan dan perbaikan pintu otomatis Rp. 450.000.000,” ungkapnya.

Dari surat jawaban yang dikirim pada tanggal 20 Febuari 2017 bulan lalu pihaknya mengatakan, bahwa ada dugaan informasi sebagian yang ditutupi sehingga masyarakat tidak bisa mendapatkan informasi yang standar dan terperinci. Meski demikian menurut koordinator GMAKS,Sebenarnya informasi yang diminta bukan menjadi rahasia negara, mengingat pemenang sudah ada dan pelaksanaannya sudah dikerjakan namun mengapa pejabatnya tidak mau memberikan nama perusahaan serta bengkel yang menjadi pihak penganti suku cadang mobil dinas. Sehingga kami menduga bahwa Biro Perlengkapan Pemprov Banten Selewengkan Anggaran Kegiatan Belanja Pengadaan “Tegas Bahri

Berikut Informasi yang diminta perkumpulan GMAKS Provinsi Banten :

    A. Belanja Pengadaan Suku Cadang Rp.3.184.505.152.-
1. Realisasi penyerapan anggaran belanja pengadaan suku cadang?
2. Nama dan alamat lengkap perusahaan yang mengadakan suku cadang?
3. Jenis, Merk, Type, Jumlah suku cadang yang diadakan?
4. Nama – nama pejabat dan jabatan yang penerima suku cadang?
5. Jenis, merk dan tipe kendaraan yang diadakan suku cadang?
6. Nama – nama dan jumlahnya suku cadang bekas yang diganti serta dimana penyimpanannya?

   B. Belanja Jasa Servis Rp.985.620.000.-
1. Realisasi penyerapan anggaran belanja jasa servis?
2. Nama dan alamat lengkap perusahaan yang mendapatkan kegiatan jasa servis?
3. Jenis jasa servis?
4. Apa saja yang dilakukan jasa servis dan sebutkan rinciannya?

  C. Belanja Pelumas Rp.934.200.000.-
1.Realisasi penyerapan anggaran belanja pengadaan pelumas?
2. Nama dan alamat lengkap perusahaan yang mengadakan pelumas?
3. Jenis, Merk, Type, Jumlah pelumas yang diadakan?
4. Nama – nama pejabat dan jabatan yang penerima suku cadang?
5. Jenis, merk dan tipe kendaraan yang diadakan suku cadang?

  D. Belanja Pemeliharaan Komputer Rp.550.720.000.-
1.Realisasi penyerapan anggaran?
2. Nama dan alamat lengkap perusahaan yang melaksanakan?
3. Jenis, Merk, Type, serta jenis pemeliharaan komputer yang dilakukan?
4. Jumlah computer yang dilakukan pemeliharaan?

 E.Belanja Pemeliharaan Dan Perbaikan Pintu Otomatis 3 Titik Rp.540.000.000.-
1.Realisasi penyerapan anggaran?
2. Nama dan alamat lengkap perusahaan yang melaksanakan?
3. Jenis, Merk, Type, pintu yang dilakukan pemeliharaan dan perbaikan ?
4. Jenis pemeliharaan dan perbaikan? (D3N)



Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 8+5+8

Copyright 2017 mediakriminalitas All Rights Reserved