VIDEO

Visitor Counter

TRANSLATE LANGUAGE

SAENAH AQIQAH

SAENAH AQIQAH

   Raja Aqiqah JaDeTaBek 

         0822 5470 5912

Twiter
MEDIA KRIMINALITAS

PENGADUAN KORUPSI

KPK

FACEBOOK
KOLOM IKLAN

 

TERSANGKA KORUPSI RP.5,3 MILYAR KADISDIK BANTEN DIBEBASKAN PN SERANG

image

Serang Kriminalitas- Dalam sidang lanjutan praperadilan di Pengadilan Negeri (PN) Serang,Rabu (19/1) yang dipimpin hakim Ucu Jaya Sarjana, dengan tersangka dugaan korupsi bantuan pengadaan software untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) senilai Rp5,3 miliar,kepala Dinas Pendidikan (Kadindik) Banten,Eko Endang Koswara,harus dikeluarkan dari penjara rumah tahanan negara (rutan) Serang.

“Memutuskan,penahanan yang dilakukan Kejari Serang tidak sah,oleh karena itu,tersangka harus dikeluarkan dari rumah tahanan,” kata Ucu.

Setelah usai mendengarkan putusan hakim,keluarga Eko Koswara, yang hadir dalam sidang  langsung menangis histeris. Bahkan ada pula yang pingsan. Namun dari raut wajah mereka terlihat,merasa bahagia karena gugatan pra peradilan dimenangkan oleh pihak Eko

Saat ditemui usai membacakan putusan, Ucu mengatakan dasar hakim untuk memutuskan penahanan dibatalkan, karena jaksa tidak mempunyai cukup bukti, Kata dia "dasar untuk melakukan penahanan minimal dua bukti. Apalagi yang diperiksa untuk menahan Eko masih berstatus calon saksi. Keputusan ini juga diambil lantaran sebelumnya hakim mempelajari fakta-fakta selama persidangan berlangsung.

“Sampai sidang kedua kami sudah meminta berkas acara pemeriksaan saksi namun tidak diberikan. Jika pada sidang pra peradilan kedua, pihak pengacara Kejari Serang bisa memberikan BAP tersebut maka penahannya sah karena melalui mekanisme sesuai prosedur,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Ucu, setelah keputusan ini dibacakan maka Eko harus segera dibebaskan sesuai Pasal 82 huruf b KUHAP yang berbunyi penahan yang tidak jelas harus direhabilitas nama baiknya. “Dalam sidang ini kami hanya menangani proses penahananya. Namun untuk masalah penetapan Eko menjadi tersangka hal tersebut bukan kewenangan kami,” terang Ucu.

Sementara itu ,pengacara Eko Koswara, Tb Sukatma menuturkan, Kejari Serang harus segera membebaskan Eko karena sesuai keputusan hakim dalam sidang penahanan terhadap kliennya tidak sah karena tidak cukup bukti.

 “Saya meminta kejari secepatnya memberikan surat penangguhan penahanan Eko,” kata Sukatma.

Terkait rehabilitasi nama Eko, dengan keluarnya keputusan hakim meminta Kadis Pendidikan Provinsi Banten dibebaskan, maka secara otomatis nama kliennya akan pulih. Ini juga sebagai pelajaran bagi Kejari Serang agar tidak melakukan penahanan yang tidak sesuai prosedur.

“Keputusan ini secara otomatis merehabilitasi nama Eko dan saya kira ini sudah seimbang,” tukas Sukatma.(LLJ).


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2019 mediakriminalitas · All Rights Reserved